Pasar pada dasarnya dapat
diartikan sebagai tempat pertemuan antar pembeli dan penjual. Pendapat lain
mengatakan bahwa pasar merupakan kelompok orang yang diorganisasikan untuk
melakukan tawar-menawar sehingga terbentuknya harga. Stanton mengemukakan
tentang pasar, yaitu sekumpulan orang yang mempunyai kepuasan dan kemauan untuk
berbelanja. Jadi ada tiga faktor yang menunjang terjadinya pasar, yaitu dengan
segala keinginannya, daya belinya, dan tingkah laku dalam pembeliannya. Dalam
pasar harus ada pemasaran dan manajemen
pemasaran, karena kalau tidak ada itu maka pasar tidak akan ada.
Pemasaran adalah suatu
proses manajerial yang membuat individu ataupun kelompok mencapai tujuan. Atau
dalam kata lain adalah kegiatan pertukaran atau penyampaian barang dan jasa
dari produsen ke konsumen. Jadi manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan
pengaturan secara maksimal fungsi-fungsi pemasaran. Dalam manajemen pemasaran
kita mengenal istilah bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah perangkat atau
alat pemasaran taktis yang dapat di kendalikan
Bauran pemasaran merupakan
perangkat atau alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan berupa produk,
harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan agar mendapatkan
respon yang diinginkan dalam pasar. Bauran pemasaran meliputi product, price,
place, dan promotion (4P). Selain itu dikenal juga (4C), yaitu customer needs
and wants, cost to the customer, convenience, dan communication. Selain bauran
pemasaran, manajemen pemasaran
perlu diperhatikan sigmentasi pasar. Sigmentasi pasar adalah proses membagi
pasar keseluruhan suatu produk atau jasa ke dalam beberapa segmen.
Daftar pustaka
umar, husein, 2005, Riset Pemasaran dan Perliaku Konsumen.
https://books.google.co.id/books?id=471eLm2dtssC&lpg=PA29&dq=pasar%20dan%20manajemen%20pasar&pg=PA29#v=onepage&q&f=false
Widjajanta, Bambang.
2007. Mengasah Kemampuan Ekonomi.
https://books.google.co.id/books?id=gtK9bA1-ASoC&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q&f=false

Tidak ada komentar:
Posting Komentar